Sabtu, 26 Desember 2009

Etika Penulisan Aritkel di Internet

Dalam menulis artikel di internet kita harus memperhatikan etika/aturan yang berlaku. Jangan sembarangan menulis, tanpa tahu aturannya. Etika dalam menulis antara lain ;

* artikel yang ditulis merupakan pokok pemikiran dari diri sendiri

Contohnya mengcopy artikel milik orang lain. Sudah banyak orang yang sering melakukan "copy-paste" dari artikel seseorang yang mungkin orang tersebut tidak mengetahui jika Artikelnya telah di copy oleh orang lain dan itu sangat merugikan pihak yang bersangkutan.


* membahas topik yang sedang marak di bicarakan (menarik)

Maksudnya adalah mencari topik yang sedang booming saat ini agar pembaca tidak merasa bosan terhadap artikel yang ditulis.


* menggunakan bahasa yang mudah di mengerti oleh pembaca

Manggunakan bahasa sehari-hari dalam penulisan artikel tidak dilarang, tetapi akan lebih baik jika pada penulisan artikel lebih menggunakan bahasa yang dapat di mengerti oleh semua kalangan baik remaja maupun dewasa.


* tidak menyinggung pihak lain

Sangat tidak di benarkan dalam etika penulisan artikel jika di dalam artikel tersebut bermaksud menyinggung pihak lain. misalnya menulis artikel yang belum tentu di ketahui kebenarannya mengenai suatu perusahaan, merek, atau instansi apapun. Hingga pihak-pihak tersebut merasa tersinggung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar