Kamis, 06 Mei 2010

Manusia dan Cinta Kasih

Pengertian Cinta Kasih

Cinta kasih merupakan suatu rasa yang tidak bisa di pisahkan dan merupakan satu kesatuan, rasa ini berasal dari hati, jiwa, dan raga. Setiap manusia diberikan rasa ini oleh Tuhan, apabila manusia merasakan cinta kasih kepada seseorang maka akan melakukan apapun demi orang itu dan rela melakukan apa saja demi orang itu.

Cinta itu hubungan sedangkan kasih adalah perhatian. Cinta kasih adalah hubungan yang tulus dan perhatian yang ikhlas. Cinta tidak akan timbul tanpa ada kasih, namun kasih dapat menimbulkan cinta, walaupun tidak selalu demikian kejadiannya. Sebagai contoh, Kasih ibu adalah cinta yang paling dekat antara dua manusia. Tidak akan dipisahkan oleh apapun, dan yang jelas, semua manusia harus dan pasti mempunyai ibu.

Unsur - unsur cinta ;
1. Komitmen, adalah suatu sifat yang paling mendasar dalam hubungan, dengan komitmen berarti dalam hubungan anda telah membangun pondasi yang baik. Dan tentuanya hubungan anda akan menjadi kuat.
2. Nafsu atau keinginan untuk tetap bersama dengan anda yang cinta, dalam kontek ini adalah nafsu yang positive bukan nafsu sesaat, nafsu ini dimaksudkan adalah anda akan merasa ingin sekali bersama terus dengan pasangan anda.
3. Keintiman, ini adalah perasaan yang sangat mendalam kepada pasangan anda. Nah ini semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membangun suatu hubungan yang kuat dan tentunya romantis, ingat tiga hal dan jika tiga hal itu sudah ada pada hubungan anda berarti anda akan bisa awet sampai anda berambut putih.

Unsur dalam segitiga cinta ;
1. Merasa bosan dan jenuh menjalani hubungan, hal ini dapat membuat hubungan semakin renggang dan menimbulkan banyak permasalahan.
2. Merasa tertekan, sebagai contoh, selalu melarang pasangan dan bersikap over protektif, ini membuat pasangan menjadi tertekan dan mencari orang lain yang dapat lebih mengerti dirinya.
3. Merasa selalu tersakiti, ini merupakan masalah yang sangat sering dilakukan oleh setiap pasangan, yang menimbulkan suatu pengkhianatan dan dapat menimbulkan perselingkuhan.

Tingkatan-tingkatan dalam cinta ;
1. Peringkat pertama adalah Tatayyum, tingkatan cinta yang paling tinggi dan merupakan hak Allah SWT, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah.
2. Peringkat kedua adalah 'Isyk yang hanya merupakan hak Rasulullah SAW. Cinta yang melahirkan sikap hormat, patuh, ingin selalu membelanya, ingin mengikutinya, mencontohnya, dll. Namaun, bukan untuk menghambakan diri kepadanya. Kita mencintai Rasulullah dengan segenap konsekuensinya. Kita akan dengan bangga menjalankan sunnah-sunnahnya dan mengkuti petunjuknya dalam mengamalkan agama ini. Kita juga akan mencintai khidupannya yang luhur dan penuh amal shalih.
3. Peringkat ketiga adalah Syauq yaitu cinta antara mukmin dengan mukmin lainnya. Antara suami isteri, antara orang tua dan anak, yang membuahkan rasa mawaddah wa rahmah. Seorang suami harus mencintai isterinya dengan sepenuh hati.

Cinta Menurut Ajaran Agama

a. Shababah yaitu cinta sesama muslim yang melahirka ukhuwah Islamiyah. Cinta ini menuntut sebuah kesabaran untuk menerima perbedaan dan melihatnya sebagai sebuah hikmah yang berharga. Seperti kita ketahui saat ini sedikit perbedaan saja seringkali menimbulkan perpecahan. Berbeda takbiratul ihram, berbeda gerakan shalat, berbeda hari Idul Fitri atau Idul Adha kadang tidak disikapi secara dewasa. Sehingga masalah pun muncul dan membuat jurang pemisah yang teramat dalam antar pengikutnya. Belum lagi kalau kita lihat betapa banyaknya kelompok harakah Islamiyah yang bermunculan. BIla cinta ini ada, insya Allah segala perbedaan bisa disinergiskan. Tidak semua perbedaan harus dipaksa sama, tapi kadang hanya membutuhkan sedikit pengertian saja. Cinta ini harus dimunculkan sebagai sebentuk upaya untuk menciptakan kenyamanan hubungan dalam tubuh umat Islam.
b. Ithf (simpati) yang ditujukan kepada sesama manusia. Rasa simpati ini melahirkan kecenderungan untuk menyelamatkan manusia, termasuk pula di dalamnya adalah berdakwah. Rasa ini seringkali muncul bila sisi kemanusian kita tersentuh. Di saat melhiat seorang anak kecil di sebuah gubuk dengan wajah penuh penderitaan, atau saat melihat korban musibah bencana alam berjatuhan, tentu saja mengetuk kepedulian kita yang terdalam. Sisi kemanusiaan kita menjadi tersentuh dan ingin menitikkan air mata. Hati kita tidak tega melihat sebuah penderitaan yang tak kunjung berakhir. Inilah bentuk simpati yang muncul dari hati yang paling dalam.
c. Cinta yang paling rendah dan sederhana, yaitu cinta atau keinginan selain kepada manusia:harta benda. Namun, seringkali keinginan ini sebatas intifa' (pendayagunaan/pemanfaatan). Cinta jenis ini pula yang sering menggelincirkan manusia. Karena sifat harta memang selalu melenakan. Namun, bila kita cerdas,banyaknya harta benda seharusnya tidak menjadikan kita terlena. Sebaliknya, ia hanya menjadi sarana untuk meraih cinta yang sebenarnya yaitu cinta kepada Allah ta'ala.

Ayat-ayat AL-Qur'an tentang cinta ;
1. "Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu[106] mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal)." (Qs.2:65).
2. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Qs.3:31).
3. Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).(3:14).
4. Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.(5:54).
5. Yang demikian itu disebabkan karena sesungguhnya mereka mencintai kehidupan di dunia lebih dari akhirat, dan bahwasanya Allah tiada memberi petunjuk kepada kaum yang kafir.(16:107).
6. Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalangan kamu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti (kemauan) kamu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu akan mendapat kesusahan tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus,(49:7).

Kasih Sayang

Kasih sayang merupakan komponen dasar yang utama dalam proses pembentukan karakter atau akhlak. Sebagai contoh, seorang guru yang memiliki rasa kasih sayang yang besar akan sangat mencintai profesinya dibandingkan dengan seorang guru yang lebih berorientasi terhadap uang. Demikian juga murid yang dididik dengan rasa kasih sayang akan merasa betah dan lebih cepat mengerti dan memahami pelajaran yang disampaikan kepadanya.

Macam-macam cinta kasih dari orang tua ;
- Menumbuhkan rasa percaya diri
Perhatian dan kasih sayang orang tua yang stabil, menumbuhkan keyakinan bahwa dirinya berharga bagi orang lain. Jaminan adanya perhatian orang tua yang stabil, membuat anak belajar percaya pada orang lain.
- Menumbuhkan kemampuan membina hubungan yang hangat
Hubungan yang diperoleh anak dari orang tua, menjadi pelajaran baginya untuk kelak diterapkan dalam kehidupannya setelah dewasa. Kasih sayang yang hangat, menjadi tolak ukur dalam membentuk hubungan dengan teman hidup dan sesamanya. Namun hubungan yang buruk menjadi pengalaman yang traumatis baginya, sehingga menghalangi kemampuan membina hubungan yang stabil dan harmonis dengan orang lain.
- Menumbuhkan semangat mengasihi sesama dan peduli pada orang lain
Anak yang tumbuh dalam hubungan kasih sayang yang hangat, akan memiliki sensitivitas atau kepekaan yang tinggi terhadap kebutuhan sekitarnya. Dia mempunyai kepedulian sosial yang tinggi, membantu kesusahan orang lain menjadi kebutuhannya.
- Melatih disiplin
Kasih sayang orang tua terhadap anak, membuat orang tua dapat lebih memahami anak. Sehingga orang tua lebih mudah memberikan arahan secara proposional, empati, penuh kesabaran dan pengertian yang dalam. Anak juga akan belajar mengembangkan kesadaran diri, dari sikap orang tua yang menghargai anak. Sikap menghukum hanya akan menyakiti harga diri anak dan tidak mendorong kesadaran diri. Anak patuh karena takut.
- Berpengaruh pada pertumbuhan intelektual dan psikologis
Bentuk kasih sayang yang terjalin, kelak mempengaruhi pertumbuhan fisik, intelektual dan kongnitif serta perkembangan psikologis anak.

Contoh-contoh tentang kasih sayang ;
a. Kasih sayang kepada Allah
b. Kasih sayang kepada orang tua
c. Kasih sayang kepada keluarga
d. Kasih sayang kepada pasangan
e. Kasih sayang kepada sahabat
f. Kasih sayang kepada teman

Kemesraan

Kemesraan tidak dapat di artikan hanya memandang dari satu sudut saja, tetapi dalam arti umum kemesraan merupakan rasa di mana ingin selalu dekat dengan kasih sayang dan cinta kasih. Di sini saya akan menjelaskan kemesraan dalam hubungan kemanusiaan. Kemesraan ini merupakan nilai yang unggul yang dapat mengikat kesatuan dan perpaduan sesebuah entity masyarakat. Gerak mesra akan membantu mempercepatkan proses kemajuan kerana akan tiada lagi kekangan prejudis yang selama ini menjadi parasit di dalam hubungan kemanusiaan, yang kerap menghalang, membatas dan menggagalkan usaha-usaha untuk maju.

Contoh puisi tentang kemesraan ;

Belai Ibu

Pada suatu malam sunyi ku terbangun dari tidurku yang lelap..

Namun pada saat itu ada yang lain di hatiku..
Sebuah rasa menyapaku dengan lembut, menusuk ke dalam hatiku..
ia mendekapku dalam sunyinya malam itu.. membelai dan melihat mesra kepadaku..

Seraut wajah yang dulu pernah ku kenal menyeretku dalam suasana itu & memaksaku untuk mengatakan..

"aku rindu ibu ku"

Pemujaan

Pemujaan merupakan merupakan perwujudan cinta manusia kepada Tuhan. Kecintaan kepada Tuhan ini oleh manusia di antaranya diwujudkan dalam bentuk-bentuk pemujaan atau yang lebih kita kenal sebagai tempat beribadah.

Belas Kasihan

Belas kasih merupakan suatu sikap hati yang sangat mulia, suatu manifestasi dari kecerdasan. Namun, dalam pengejarannya terhadap nama dan materi keuntungan yang berada di dunia, manusia seringkali tidak bisa menghayati dan memahami makna yang sebenarnya dari belas kasih. Belas kasih adalah merupakan suatu energi yang positif yang bisa diberikan kepada siapa saja dengan maksud demi kebaikan si penerima.

Ada banyak cara memberikan belas kasih, tetapi memberikan nya harus dengan rasa ikhlas dan tanpa mengharapkan imbalan apapun dan hanya mengharap rido Allah. Memberikan makan pada orang yang lapar, membela yang menjadi korban ketidakadilan, memberi zakat, menyantuni fakir miskin, membela kebenaran, ini merupakan contoh dari memberikan belas kasih.

Cinta Kasih Erotis

Cinta kasih merupakan suatu rasa yang tidak bisa di pisahkan dan merupakan satu kesatuan, rasa ini berasal dari hati, jiwa, dan raga. Sama seperti yang saya sudah jelaskan di atas. Erotis merupakan cinta yang paling primitif. Di sini, cinta diartikan sebagai aktivitas berhubungan badan. Daya tarik atau pemikat antara dua jenis manusia di tingkatan cinta erotis hanya diukur dari sifat badaniah yang (sangat) aksiden. Parameter cinta erotis diukur dari kepuasan biologis. Di sini dapat di amil kesimpulan bahwa cinta ini hanya mengambil dari satu sudut pandang saja, yaitu hanya mengandung unsur seks yang tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar