Rabu, 20 Oktober 2010

Penghematan Baterai Laptop

Laptop akan kehilangan nilai praktis dan efisiensinya jika harus mengecas tiap kali ingin menggunakannya karena takut akan baterai yang segera habis. Di sini saya akan memberi masukan bagaimana cara menghemat agar baterai laptop tidak cepat habis. Biasanya saya melakukan defrag secara teratur, biasanya setelah saya melakukan suatu penginstalan program baru, saya langsung melakukan defrag, semakin cepat kinerja hard drive anda maka semakin hemat baterai anda, oleh karena itu buat hard drive anda seefisien mungkin dengan melakukan defrag secara teratur. Lalu kurangi cahaya monitor anda untuk menghemat energi baterai anda, kurangi cahaya monitor laptop sampai batas toleransi yang sesuai untuk mata anda. Lalu matikan program yang tidak perlu karna semakin banyak program akan menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Matikan hardware eksternal, alat-alat dengan USB (termasuk mouse anda) dan WiFi, semuanya menyedot tenaga baterai anda. Cabut atau matikan mereka jika tidak digunakan. Sekarang anda tahu bahwa mengisi ulang iPod anda di laptop adalah suatu ide yang buruk. Lalu bias juga dengan cara mambahkan RAM Jika anda sering menggunakan program yang membutuhkan memory besar, maka ini adalah cara yang lebih efisien dari pada menggunakan virtual memory yang lebih membebankan hard drive sehingga baterai laptop juga boros. Lalu jaga juga kebersihan baterai, bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop secara teratur, sehingga transfer energi dari baterai anda menjadi lebih efisien. Kemudian anda juga harus selalu menjaga suhu laptop anda, akan lebih efisien jika suhunya lebih dingin. Bersihkan ventilasi udaranya dengan kain halus atau pembersih keyboard. Hindari multitasking, lakukan sesuatu secara satu per satu jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Jangan bekerja dengan multitasking jika anda memang ingin menghemat baterai anda. Yang terakhir adalah atur 'power options' supaya optimal, pilih 'Power Options' di control panel anda dan aturlah supaya penggunaan energi laptop tetap optimal.


Semua yang sudah saya jelaskan, sudah saya lakukan semua, dan alhamdulilah baterai saya tidak mudah drop (habis). Agar kita tidak terlalu khawatir terhadap masa habis baterai kita. Saya juga tidak harus selalu mengandalkan listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar